20120302

MS Hidayat : Esemka Picu Lahirnya Mobil Nasional

Jakarta - Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengapresiasi mobil Esemka hasil karya siswa SMK 2 dan SMK Warga Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Mobil rakitan anak bangsa itu menjadi pemicu untuk menghasilkan mobil nasional.
Menurutnya, ini refleksi keinginan bangsa melahirkan mobil nasional. "Di Orde Baru kan gagal, saya tidak ingin yang ini gagal," kata Hidayat di Istana Negara, Jakarta, Kamis 5 Januari 2012.

Hidayat lantas bercerita, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah berpesan kepadanya untuk melahirkan mobil nasional semasa ia menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Kementeriannya telah membuat beberapa prototipe yang disebut low price green car. Ini adalah mobil niaga untuk pedesaan dan petani, yang prototipe dan ketangguhan mesinnya sudah jadi, dan sekarang sedang dalam tahap uji coba kelayakan. "Beberapa teman swasta bikin namanya Gea, Tawon, dan sebagainya," ujar Hidayat.

Untuk mewujudkan pembuatan mobil nasional tentu membutuhkan industri pendukung berupa industri komponen penunjang, seperti bengkel, purnajual, outlet, dan lain sebagainya. Nah, kata Hidayat, secara teknologi sudah dinilai baik dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan, sehingga bisa turun ke jalan. "Nanti Menteri Perindustrian akan menyopir mobil itu sebagai simbol ini bisa dilakukan," ujarnya.

Tapi untuk meningkatkan industri mobil nasional ini tentu saja bakal butuh kapital yang cukup besar karena padat karya, padat modal, dan padat teknologi. Hidayat menambahkan, Indonesia sudah punya pengalaman 30 tahun di perakitan, jadi industri motor sudah waktunya dilahirkan. Apalagi saat ini produksi kandungan dalam negeri sudah mencapai 80-85 persen.
Bekas Ketua Kadin ini juga menyatakan dukungannya kepada Wali Kota Surakarta Joko Widodo yang menjadikan mobil Esemka sebagai mobil dinas. Soalnya tindakan Jokowi mendukung lahirnya industri mobil nasional. (Sumber: id.berita.yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar