20120302

Hanya Butuh Dua Pekan Penyempurnaan Esemka Untuk UJI Emisi Ulang


Walikota Solo, Joko Widodo dan Wakil Walikota, FX Hadi Rudyatmo tetap yakin dan percaya mobil Esemka akan lulus uji emisi berikutnya yang dijadwalkan kembali dalam waktu dekat ini. Menurut keduanya, hanya butuh waktu maksimal dua pekan untuk melakukan penyempurnaan pada saluran gas buang.
Hal tersebut disampaikan Jokowi dan Rudy secara terpisah kepada wartawan di Balaikota, Jumat (2/3/2012). Jokowi bahkan menegaskan tidak perlu ada pengujian oleh lembaga penguji independen untuk mencari second opinion atau pandangan alternatif.
“Kami tetap percaya dengan hasil kemarin. Itu kan hanya perlu perbaikan sedikit, diperbaiki catalytic converter-nya. Saya kira dua pekan lagi mestinya sudah selesai perbaikannya dan bisa diberangkatkan lagi untuk uji emisi,” ujar Jokowi.
Ditanya apa ada upaya mendatangkan teknisi atau mekanik ahli dari luar, Jokowi mengatakan saat ini sudah ada supervisi dari orang Jerman. Namun orang itu bukan dari pabrikan otomotif seperti yang dijanjikan sebelumnya oleh perwakilan Kedutaan Besar RI di Berlin yang datang ke Solo beberapa waktu lalu.
Sementara itu, Wawali, Rudy bahkan lebih optimistis lagi perbaikan itu tidak akan makan waktu sampai dua pekan. “Wong itu tinggal memperbaiki klepnya, lalu voltase lampunya ditambah juga beres kok. Bahkan converter pun sepertinya tidak perlu. Tidak sampai dua pekan pasti sudah beres,” katanya.
Selanjutnya, Rudy mengaku hanya berharap pemerintah pusat bersedia melakukan pendampingan dalam setiap proses yang harus dijalani mobil Esemka. Rudy pun mengatakan seandainya uji berikutnya gagal lagi, pihaknya tidak akan berhenti berjuang sampai benar-benar lulus. “Tapi untuk selanjutnya mestinya yang lebih aktif bergerak adalah dari PT SMK (Solo Manufaktur Kreasi-red). Kami kan sudah membukakan jalan dan melakukan pendampingan,” kata Rudy.(Sumber: www.harianjogja.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar